Senin, 21 Januari 2013

Anime Review : K / K - Project

Yoshh..ini mungkin review terakhir gw dalam waktu dekat, karena mulai besok masa liburan telah berakhir, dan gw mulai masuk semester baru yang kemungkinan bakal lebih sibuk (>.<)
Kali ini gw pengen sharing mengenai review dari anime K atau seringkali disebut juga K - Project, so here comes, based on my opinion after watched 13 episodes of K and with the help from other sites..^^

About :
Judul       : K / K - Project
Status     : Finished, 13 episode, anime original
Tayang   : 5 Oktober 2012 - 28 Desember 2012
Genre     : Supernatural, action, mystery


Seiyuu (Character Voice) :
Main Character :
- Isana Yashiro          : Daisuke Namikawa
- Kuroh Yatogami     : Daisuke Ono
Supporting :
- Suoh Mikoto            : Kenjiro Tsuda
- Reisi Munakata       : Tomokazu Sugita
- Seri Awashima        : Miyuki Sawashiro
- Saruhiko Fushimi    : Mamoru Miyano
- Misaki Yata              : Jun Fukuyama
- Neko                         : Mikako Komatsu
- Izumo Kusanagi       : Takahiro Sakurai
- Anna Kushina           : Yui Horie
- Kukuri Yukizome      : Satomi Satou
- Tatara Totsuka         : Yuuki Kaji

Trailer :


Review :

Menurut gw, K ini merupakan anime yang cukup unik, karena setau gw merupakan anime original buatan studio GoHands dan bukan merupakan anime yang diadaptasi dari manga atau yang lainnya, beberapa seri manganya baru dibuat sebagai prekuel setelah animenya muncul.

* Story
K mengambil tema secara keseluruhan mengenai konflik antara para "King", yang diceritakan terdapat 7 orang King yang diwakili oleh warna, masing-masing memiliki kekuatan khusus yang dashyat dan membawahi sejumlah pengikut yang disebut sebagai "clansmen" mereka. Pada awalnya cerita berpusat pada pencarian oleh para clansmen Red King terhadap pelaku pembunuhan terhadap salah satu teman mereka, dimana tokoh utama, yakni Isana Yashiro, adalah orang yang dicurigai
melakukan pembunuhan tersebut berdasarkan sebuah video yang menggambarkan dirinya melakukan pembunuhan dengan mengaku sebagai "7th King, Colorless King", tapi dia sendiri tidak merasa pernah melakukan pembunuhan tersebut, dan kasus pembunuhan tersebut akhirnya berkembang melibatkan para King lain.

Dari segi cerita, K memiliki alur cerita yang sebenarnya cukup bagus, tapi terasa kurang tereksplor secara mendalam (mungkin ada pengaruh juga dari total episode yang hanya 13). Kurangnya eksplorasi terasa khususnya di bagian cerita latar belakang tiap karakter yang sebenarnya dapat menjadi unsur yang sangat menarik untuk diperdalam karena bisa berpotensi memperkaya cerita. Cerita dalam K lebih terfokus pada unsur misteri dan memiliki beberapa plot twist yang membuat cerita cukup menarik untuk diikuti, meski mungkin tidak serumit Zetsuen no Tempest, tapi terasa cukup pas secara keseluruhan. Selain unsur misteri, cerita dalam K agak kurang unsur" lain untuk memperkaya cerita, dan hanya sedikit menyelipkan unsur loyalty dan pertemanan antar para karakter. Kurangnya eksplorasi ini entah memang disengaja untuk membangun kesan misteri dalam K dan untuk membiarkan penonton sendiri yang menebak", atau mungkin dalam memang sengaja disiapkan sebagai season 2, mengingat masih cukup banyak "celah" yang dapat dikembangkan dari season ini. Memiliki "sense of humor" yang agak unik karena bagian" yang lucu dari para karakter mungkin agak terselubung penceritaannya, tapi sangat kaya akan fanservice, hingga mungkin jadi agak ecchi (>.<)

* Karakter
Kekurangan dalam segi cerita ini sangat disayangkan menurut gw pribadi, karena karakter dalam K sebenarnya cukup beragam dan masing-masing memiliki karakter yang menarik, sehingga bila didukung dengan storyline yang lebih dieksplor lagi dapat membuat keseluruhan cerita semakin menarik untuk disimak.

- Isana Yashiro, bisa dibilang agak unik sebagai tokoh utama, sangat santai dan easy-going, selalu tersenyum dan ramah, meski sebenarnya sedikit kesepian, cerdas, selalu mampu berpikir jernih dan tetap enang dalam setiap keadaan, merupakan orang yang dicurigai sebagai pembunuh anggota clan Red King, tapi dia sendiri tidak merasa melakukan pembunuhan tersebut. Selalu ditemani oleh Neko, kucing kecil yang memiliki kekuatan khusus untuk memanipulasi persepsi dan ingatan seseorang. Dihidupkan dengan sangat sukses oleh Daisuke Namikawa yang memang ak usah diragukan lagi kualitasnya dan sudah berpengalaman membawakan karakter yang santai dan easy-going seperti Isana, seperti ketika dia mengisi suara untuk Fai D. Fluorite dalam Tsubasa Reservoir Chronicle dan Mikage dalam 07-Ghost, tapi juga bisa jadi sangat serius seperti ketika menghidupkan sang Espada no. 4, Ulqiorra Schiffer dalam Bleach.

- Kuroh Yatogami, mantan clansmen Colorless King sebelumnya yang awalnya memiliki misi untuk memastikan apakah Yashiro merupakan orang yang layak untuk menjadi Rajanya yang selanjutnya, dan bila dirasa tidak layak, dia sendiri yang akan membunuhnya. Sangat menghormati Colorless King yang sebelumnya, sangat serius dan kaku. Pada awalnya tidak mempercayai Yashiro, tapi pada akhirnya memutuskan untuk mendukungnya. Dihidupkan dengan sukses oleh Daisuke Ono yang juga sudah veteran dalam menghidupkan berbagai jenis peran. (Dapat dilihat di review" dan postingan sebelumnya ^^)



*Seiyuu
Dari segi seiyuu, K didukung oleh jajaran seiyuu" TOP dan KEREN, seperti duo Daisuke untuk tokoh utama, Miyuki Sawashiro (seiyuu dari Kusaribe Hakaze dalam Zetsuen no Tempest dan Acchan dalam AKB0048), Jun Fukuyama, Yuuki Kaji (seiyuu dari Shu Ouma dalam Guilty Crown dan Aladdin dalam Magi), Tomokazu Sugita (seiyuu dari Motosuwa Hideki dalam Chobits dan Sakata Gintoki dalam Gintama), Mamoru Miyano (seiyuu dari Light Yagami dalam Death Note) sampai Yui Horie (seiyuu dari si kucing putih Charle dalam Fairy Tail dan Tohru Honda dalam Fruit Basket). Jajaran seiyuu tersebut menjadi salah satu daya tarik terbesar bagi anime ini, dan mereka jugalah yang sangat membantu dalam character developmentnya, karena walaupun dari segi story mungkin kurang tereksplor, tapi keahlian mereka mampu membuat karakter yang mereka hidupkan menjadi sangat menarik, dan yang jadi favorit dalam K ini buat gw adalah performa dari Mamoru Miyano yang menyuarakan Saruhiko Fushimi, karena mampu menghidupkan karakter Fushimi yang agak "maniak" dan sulit ditebak, tapi keren ^^~

*Animasi
Dari segi animasi, animasi dalam K memiliki kualitas yang tinggi dan halus, dengan special effect dalam battle scene yang cepat dan halus, serta memiliki artwork lingkungan yang detail dan indah dengan nuansa dominan warna biru keunguan.

* Music Score
Dari segi music score, K dapat dibilang cukup memberi perhatian khusus untuk musiknya meskipun total episodenya cukup singkat. Dengan OP berjudul "KINGS" dari Angela yang dikombinasikan dengan 3 lagu ED, yakni ED pertama dari dari Mikako Komatsu yang juga seiyuu dari Neko, berjudul "Tsumetai Heya, Hitori" dan ED kedua berjudul "Circle of Friends" dari Yuuki Kaji yang juga merupakan seiyuu dari Totsuka Tatara, yang muncul sebagai penutup khusus episode 6, dan ED khusus untuk episode final berjudul "To be with U!" yang juga dinyanyikan oleh Angela, secara keseluruhan cukup sukses membawakan image dari K, didukung dengan beberapa insert song yang muncul di berbagai episode yang dinyanyikan oleh para seiyuu. Yang jadi salah satu favorit gw adalah  lagu "Circle of Friends" nya Yuuki Kaji, karena terasa paling dapat menyampaikan perasaannya terhadap teman" dari Red Clan yang sangat disayanginya, apalagi didukung oleh ED sequencenya yang manis. Music score untuk berbagai adegan juga terasa mendukung dan sesuai.

Dengan episode penutup yang rasanya agak menggantung dan kurang memuaskan, diharapkan K dapat dilanjutkan ke season 2, karena sebenarnya memiliki potensi yang cukup bagus dan banyak memiliki celah untuk dikembangkan lagi.

Overall, K / K - Project adalah anime yang RECOMMENDED, storyline cukup menarik meskipun agak kurang mendalam, karakter keren, didukung oleh animasi dan artwork yang detail, dan tentunya jajaran seiyuu" yang sangat berkualitas (this is the most important thing) ^^~

*update*
-Movie dari K sudah dikonfirmasi akan dibuat dan rencananya akan dirilis pada tahun 2014

(+) Tema dan plot twist menarik, animasi dan artwork mendetail didukung seiyuu" top.

(-) Cerita kurang penjelasan dan karakter kurang dieksplor

My Rating :
Story          : 7/10
Character  : 8/10
Music         : 8.5/10
Seiyuu       : 9/10
Animasi     : 9.5/10
OVERALL : 8.4/10




9 komentar:

  1. Jujur sih g kurang suka anime ini.. Art-nya memang splendid, cuman ya itu, kurang jelas memperdalami cerita dan karakter.. Plus endingnya bikin kesel! wkwkwkwwkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaaa..maka ny g kasi nilai story ny cm 7..haha..
      ED sequence nya itu lohh..afa"aann..-____-"
      endngnya emk rancuuu pisann..wkwkwk..
      tp setw g itu uda fix ada season 2 da..cm blm ada tgl ny..haha..

      Hapus
    2. Ngak beda jauh sama evangelion

      Hapus
  2. fueee kupikir K rame meongg tapi ttp penasaran ama suaranya yuki kaji. apalagi tokoh utamanya pake suara fai jadi penasaran wwkwkkwkwkw... ttp alibaba kun nomer 1 entah kapan jadi maniak lagi (-__ - ")

    BalasHapus
    Balasan
    1. c yuuki kaji cm muncul dikit da..walopun lmyn nyumbang lagu ED sh..hahaha..
      kalo c daisuke namikawa yg ngisi suara c fai sh kt g mlh lbh menarik pas dy jd hisoka d HxH 2011 skrg..wkwkwk..
      teuteupp..wkwk..

      Hapus
  3. K Project ini bagus luar biasa kok
    Kalo kita lihat dr K Project (awal) sampe K seven stories (akhir) itu alurnya bener bener nyambung. Istilah nya, ini alur mundur.
    Jd sebenarnya, kalo menurut aku sih, K ngga membosankan kecuali kita nontonnya itu bener bener pake hati:v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi apa harus pertama kali nonton K seven stories dulu baru K project?

      Hapus
    2. Nonton K-Seven Stories yg ke-4 sub Indo dimana ya? Susah bngt nyarinya, baru nonton sampe Side Green :(

      Hapus