Rabu, 02 Januari 2013

Anime Review : Code : Breaker

Baru beres nonton Code:Breaker, dan seperti biasa gw pengen share review berdasarkan pendapat gw setelah nonton dibantu dengan data dari beberapa situs lain, here it is..^^~

About :
Judul        : Code : Breaker
Status      : Finished, 13 episode, manga adaptation
Tayang    : 7 Oktober 2012 – 23 Desember 2012
Genre      : Action, shonen, super power

Seiyuu (Character Voice) :
Main Character :
- Rei Ogami / Code 06           : Nobuhiko Okamoto
- Sakura Sakurakouji              : Yoko Hikasa
Supporting :
- Hitomi / Code 01                  : Shinichiro Miki
- Masaomi Heike / Code 02  : Subaru Kimura
- Yuuki Tenpouin / Code 03   : Toshiyuki Toyonaga
- Toki / Code 04                      : Kenichi Suzumura
- Rui Hachiouji / Code 05       : Mitsuki Saiga
- Kanda                                    : Yuko Kaida
- PM Fujiwara                          : Jouji Nakata

                                                                   Trailer :



Review :

Merupakan anime yang diadaptasi dari manga buatan Kamijyo Akimine yang namanya pasti tidak asing lagi bagi para otaku karena dia adalah mangaka yang membuat salah satu serial hit pada masanya, yakni Samurai Deeper Kyo. Manga Code : Breaker sendiri masih ongoing hingga saat ini, tapi sayangnya meskipun versi animenya mengikuti alur dari manganya, alur cerita / pace dari versi animenya
dibuat sangat padat, cepat dan “to the point” pada arc menemukan Hitomi, padahal di manganya masih ada beberapa “side quest” atau cerita” sampingan yang tidak terus terfokus pada Hitomi, dan hal tersebut sebenarnya dapat berguna bagi perkembangan karakter dan pendalaman cerita, meskipun sebenarnya ada sisi bagusnya karena menjadikan versi anime dari Code : Breaker ini tidak bertele” dan tidak ada episode yang “percuma” karena semua episode memberikan kontribusi bagi cerita utama dan menarik untuk disimak.


* Story
Mengambil tema para remaja yang memiliki kekuatan khusus yang mengemban tugas sebagai agen pemerintah untuk membunuh para penjahat yang tidak tersentuh hukum atau memerlukan orang berkemampuan khusus juga untuk menanganinya, mungkin agak sedikit mainstream sebagai tema, tapi Kamijyo Akimine sebagai sang pembuat cerita sanggup membuat cerita Code : Breaker ini sangat menarik untuk diikuti karena cerita yang dalam dan memiliki karakter” yang menarik, unik dan “berwarna” karena tiap Code : Breaker memiliki latar belakangnya dan alasannya masing” untuk menjalani pekerjaan sebagai Code : Breaker yang berat baik secara fisik maupun mental, karena pekerjaan Code : Breaker yang mengharuskannya bertaruh nyawa tapi keberadaannya tidak diakui oleh masyarakat dan dianggap tidak eksis dan harus hidup dalam kesendirian dan sering dianggap sebagai “anjing pemerintah”.

Jalan cerita yang padat dan cepat tidak membuat anime ini menjadi terlalu serius, karena interaksi antar karakter yang unik” menjadi hal yang terkadang cukup menghibur, meskipun sebagai efek dari “percepatan” ini membuat aspek hubungan Sakura dan Ogami sebagai 2 tokoh utama menjadi kurang mendapat perhatian karena Ogami yang terfokus pada tujuannya menemukan Hitomi, padahal bila dapat diperpanjang lagi, aspek perkembangan hubungan Sakura dan Ogami dapat menjadi hal yang menarik untuk disimak.
Bila ditelusuri dengan mendalam, cerita Code : Breaker sebenarnya memiliki unsur kemanusiaan yang sangat mendalam, di mana kita diperhadapkan pada pertanyaan mengenai prinsip manakah yang benar, apakah prinsip Ogami yang membunuh penjahat tanpa pandang bulu, atau prinsip Sakura yang menganggap sejahat apapun, seseorang tidak boleh dibunuh, tapi memang pada kenyataannya, kita hidup di dunia dimana hal” seperti kejujuran adalah hal yang mahal dan langka, dan memang ada orang” yang tidak peduli lagi dengan kebaikan dan malah menganggap hal seperti itu adalah kelemahan, dan bila orang” seperti itu dibiarkan hidup seperti prinsip Sakura, malah semakin banyak korban yang berjatuhan. Belum lagi mengenai alasan yang membuat Hitomi melakukan semua aksi terornya, mungkin alasannya terasa sedikit egois dan sederhana, tapi hal sederhana tersebut sangat berarti besar bagi dirinya dan sesame pemiliki kekuatan khusus lainnya. Hal dilematis itulah yang menjadi salah satu inti cerita dari Code : Breaker.

* Karakter
Dari segi karakterisasi, karakter dalam Code : Breaker cukup beragam dan masing” memiliki ciri khas dan keunikannya masing” yang berhasil tereksplor dengan cukup baik, terutama karakter dari tiap anggota Code : Breaker, seperti:

- Hitomi sebagai mantan Code 01 dengan kekuatan listrik, sebenarnya adalah senior yang sangat baik, bijaksana dan sangat menghargai rekan”nya, santai tapi sangat serius bila sudah menyangkut keselamatan rekan”nya. 


- Heike sebagai Code 02 dengan kekuatan cahaya sekaligus “penilai” bagi para Code : Breaker lainnya, sangat unik dan sulit ditebak jalan pikirannya, salah satu karakter yang memberi sumbangan plot twist terbesar dalam cerita. 


- Yuuki sebagai Code 03 dengan kekuatan suara supersonic, memiliki tingkah laku seperti anak kecil yang polos dan hampir selalu tanpa ekspresi, tapi mempercayai dan menyayangi rekan”nya. 

- Toki sebagai Code 04 dengan kekuatan magnetis, dari luar terlihat seperti playboy yang ceria dan sering seenaknya, tapi sebenarnya menyimpan dilema yang cukup mendalam dan terkadang berwajah serius dan sedih karena dia menjadi Code : Breaker demi melindungi kakak perempuan yang sangat disayanginya dari ayahnya sendiri. 

- Rui (Ouji) sebagai Code 05 dengan kekuatan bayangan adalah satu”nya Code : Breaker wanita di antara mereka, tapi terlihat seperti pria karena ketangguhannya dan sifatnya yang kalem.

- Ogami sebagai Code : Breaker 06 dengan kekuatan api biru, merupakan tokoh utama dan yang paling serius dan dingin di antara Code : Breaker lainnya, sangat teguh pada prinsipnya untuk memusnahkan semua yang jahat, tapi sepertinya memiliki masa lalu yang cukup berat yang menjadi alasannya menjadi Code : Breaker, sebenarnya sangat menghargai Hitomi yang menjadi gurunya dulu. 

Yang menjadi “pemanis” sekaligus penengah dari para Code : Breaker tersebut adalah Sakura Sakurakouji, yang sering di sebut “jenis langka” oleh para Code : Breaker karena kekuatan khusus mereka tidak berpengaruh padanya, dan penyebab hal tersebut juga masih menjadi misteri sampai pada episode terakhir, memiliki “sense of justice” yang sangat tinggi dan sering bertindak nekat karenanya, wanita yang kuat, (membuat teringat pada image Kaoru Kamiya dari Rurouni Kenshin :D) sangat peduli pada Ogami meskipun dia sendiri belum terlalu menyadarinya.

*Seiyuu 
Dari segi seiyuu, they have done a splendid job!! ^^~. Semua seiyuu dalam Code : Breaker berhasil menghidupkan karakternya dengan sangat baik sehingga ciri khas tiap karakternya dapat muncul dan perasaan yang ingin disampaikan oleh tiap karakter dapat tersampaikan kepada kita yang menonton, seperti seiyuu dari Ogami, yakni Nobuhiko Okamoto yang juga mengisi suara untuk Rin Okumura dalam Ao no Exorcist dan Ikki Minami dalam Air Gear yang sukses menyampaikan karakter Ogami yang dingin dan serius tapi langsung emosi begitu menyangkut Hitomi. Acungan jempol juga patut diberikan pada Shinichiro Miki yang memang sudah veteran di dunia seiyuu dengan track record pernah mengisi suara untuk si jenius eksentrik Yoichi Hiruma dalam Eyeshield 21 dan Urahara Kisuke dalam Bleach (dia juga adalah seiyuu langganan untuk Kojiro dalam Pokemon Series :D) yang sangat sukses membawakan karakter Hitomi dan menyampaikan perasaannya yang sebenarnya sangat peduli dengan rekan”nya dan kebenciannya terhadap pemerintah yang hanya memanfaatkan mereka. (terutama pada episode terakhir..I cried because of him..)

Animasi
Dari segi animasi dan special effect, Code : Breaker juga memiliki kualitas yang cukup tinggi, karena animasinya tajam dan mendetail meskipun untuk adegan” yang cepat dan rumit,  dengan efek” dari tiap special abilities yang dimiliki para Code : Breaker yang juga bagus dan detail, seperti efek kekuatan magnetis Toki dan kekuatan api biru Ogami.

* Music Score
Dari segi music score, dengan OP dari berjudul "Dark Shame" dari Granrodeo yang juga menyumbangkan lagu “Can Do!” dan “Rimfire” untuk Kuroko no Basuke dan ED dari Kenichi Suzumura yang juga adalah seiyuu dari Toki berjudul “Shiroi Karasu”, sukses membawakan image dari anime Code : Breaker ini. (OP dan ED sequencenya keren! ^^). Selain itu lagu” BGM ketika battle scene, khususnya pada episode teakhir, sukses membuat merinding ketika menonton, menjadikan episode terakhirnya menjadi penutup yang cukup “megah” walaupun perjalanannya singkat.

Melihat dari ending episode terakhirnya, besar kemungkinan akan dibuatnya season 2 dari anime ini (*praying*) dan semoga saja benar” dibuat, karena Code : Breaker sangat layak mendapatkan season lanjutan karena masih banyak hal yang dapat diperdalam dan diperjelas dari cerita yang menarik yang dimiliki Code : Breaker, khususnya mengenai masa lalu Sakura dan Ogami dan bagaimana kelanjutan hubungan mereka.
Overall, Code : Breaker adalah anime yang RECOMMENDED, storyline menarik, karakter yang unik dan keren, didukung oleh special efek dan animasi yang berkualitas.

(+) Storyline menarik dan cerita yang berbobot dengan tiap karakter unik yang didukung seiyuu berkualitas, animasi dan special effect yang keren

(-) Cerita agak terlalu dipadatkan, padahal ruang lingkup cerita cukup luas.

My Rating :
Story          : 8/10
Character  : 9/10
Music         : 8/10
Seiyuu        : 9/10
Animasi     : 9/10
OVERALL : 8.6/10

And here’s some quote from this series that I found quite cool..^^

“An eye for an eye, a tooth for a tooth, and evil for evil..” – Rei Ogami

“You can’t change the world with feelings alone!” - Hitomi


7 komentar:

  1. iya nih sis kapan dirilis season 2? kangen eh dg animenya . mw ikutin manganya tp udh ketinggalan jauh

    BalasHapus
  2. hmm..blm denger kabar soal season 2 nya..>_<
    tp kalo mw ngikutin manga nya mungkin bisa ikutin dr komik versi indo nya terbitan elex..br sampe jilid 5 koq..baru mulai lanjutin cerita setelah akhir season 1 anime nya cerita nya..:)

    BalasHapus
  3. Good job .... :D Code breakernya ntar keluar bareng sama magi ndak? Abs baca reviewny jadi makin ngerti + cinta sama ogami samaaa tapi ttp alibaba sama nomer satuuuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. g pikir u bakal ngomen d bagian yg magi..haha..
      season 2 ny code breaker mh blm ada kabar kpn keluar ny sayang ny..>.<
      magi mh bareng ny ama kuroko..^^

      Hapus
  4. sampe brpa season itu filmny ?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya cm 1 season, dan blm ada info lg soal kelanjutan anime nya, kalau penasaran, bs liat lanjutan nya via manga nya :D

      Hapus