Kamis, 24 April 2014

First Impression on Spring Season 2014

Seperti cerita gw d post-post sebelumnya, Spring Season ini sekaligus menandai periode seminar pertama buat Tugas Akhir gw dan teman-teman, dan Puji Tuhan, kemarin gw uda berhasil melewati seminar pertama Tugas Akhir gw dengan cukup baik (yeaayy! ^^~). Sebelum kembali berkutat dengan laporan TA lagi, kali ini gw kembali mw sharing first impression gw mengenai beberapa anime-anime baru Spring Season 2014 ini, antara lain:

1. Black Bullet
2. Brynhildr in the Darkness
3. Haikyuu!!
4. Knight of Sidonia
5. M3 - Sono Kuroki Hagane
6. Mekakucity Actors
7. One Week Friends
8. The Irregular at Magic High School

So here comes, hope u like it and could find it useful..^^

1. Black Bullet - First Impression : 9/10 - Full Review

Di masa depan, sebuah virus bernama Gastrea bisa mengubah manusia menjadi monster, dan Satomi Rentaro menyaksikan dengan matanya sendiri kengerian dari Gastrea ketika dia kecil. 10 tahun kemudian, dia menjadi Civil Officer yang disebut Promoter dan bekerja  untuk membasmi monster yang muncul akibat virus Gastrea bersama partnernya, Enju, seorang Initiatior, yakni para gadis kecil yang lahir dengan terinfeksi virus Gastrea, tapi menjadikan mereka memiliki kemampuan super. 

Cerita sci-fi nya yang melibatkan action scene yang apik berhasil membuat gw jatuh cinta, dan dari 2 episode pertamanya, Black Bullet juga menjanjikan perkembangan plot dan character development yang menarik. Dilengkapi dengan lead seiyuu Yuuki Kaji, artwork yang colorful, animasi yang detail, opening theme dari fripSide dan ending dari Nagi Yanagi, I can't ask for more from an anime..hahaha..

2. Brynhildr in the Darkness - First Impression : 7.5/10

Ketika kecil, Ryouta Murakami memiliki teman seorang gadis bernama Kuroneko, yang kemudian meninggal dalam kecelakaan ketika sedang bersamanya, karena itu Murakami terus dihantui rasa bersalah. Suatu hari, Kuroha Neko, seorang murid baru yang berwajah persis seperti Kuroneko muncul di hadapannya, dan terlebih lagi, gadis itu mengaku sebagai penyihir.

Sejauh ini gw belum menemukan hal yang spesial dari Brynhildr in the Darkness, karena rasanya premisnya mirip seperti Gunslinger Girl atau girls-with-super power-and-dark-past lainnya, mungkin yang menjadi potensi utamanya adalah perkembangan plot dan misteri mengenai apa hubungan sebenarnya antara Kuroneko dan Kuroha Neko (walaupun sedikit banyak gw uda ada dugaan sih..haha..), serta bagaimana hubungan romance antara Murakami dan Kuroha Neko. 

3. Haikyuu!! - First Impression : 9/10

Shouyou Hinata sangat menyukai olahraga voli dan terinspirasi untuk menjadi pemain voli dan spiker yang hebat, tapi ketika SMP, dia tidak memiliki rekan untuk berlatih, sehingga ketika berhasil pertama kali tampil di pertandingan, dia kalah telak oleh Tobio Kageyama, sang King of the Court. Dengan tekad untuk membalas kekalahannya, Hinata pun masuk ke SMA Karasuno, hanya untuk menemukan bahwa Kageyama, sang rival, akan menjadi rekan se tim nya di sana.

Full of youthful spirit! ^^, anime ini membuat kita ikut terbawa semangat Hinata, dan membuat kita ingin terus melihat bagaimana perjuangan Hinata dan teman-temannya di klub voli Karasuno. Kombinasi Hinata dan Kageyama membuat kita teringat pada kombinasi Sakuragi dan Rukawa dalam Slam Dunk! atau Naruto dan Sasuke dalam Naruto, hanya saja Kageyama tidak se-cool Rukawa atau Sasuke..wkwk..Kombinasi theme song dari SPYAIR dan NICO Touches the Walls juga rasanya sangat pas untuk membangun mood anime ini.

4. Knight of Sidonia - First Impression : 7/10

Diceritakan bahwa solar system telah dihancurkan ribuan tahun lalu oleh Gauna, sosok alien yang meneror manusia dan menyebabkan umat manusia harus tinggal di sebuah pesawat ruang angkasa bernama Sidonia. Nagate Tanikaze yang dibesarkan di bagian bawah tanah pesawat Sidonia suatu hari mencapai kota di permukaan, dan dia direkrut untuk menjadi pilot dari sejata robotic yang disebut Guardian/Gardes untuk melawan Gauna.

Tema ceritanya mengingatkan pada Suisei no Gargantia, tapi hal yang paling mencolok dari anime ini adalah animasinya, karena studio POLYGON PICTURES memutuskan untuk menyajikan Knight of Sidonia dalam bentuk full CG 3D seperti halnya Ars Nova, hanya saja, menurut gw kualitas CG yang ditampilkan masih di bawah SANZIGEN ketika menyajikan Ars Nova, sehingga membuat animasinya lebih kaku, khususnya untuk facial expression para karakter. Artwork yang ditampilkan juga somewhat serba putih-abu, sehingga rasanya terlalu 'pucat'. Dengan opening theme dari Angela yang entah kenapa membuat Knight of Sidonia terasa seperti anime lawas. 

5. M3 - Sono Kuroki Hagane - First Impression : 8.5/10

Setting post-apocalypse rasanya sedang populer sekarang, dengan M3 yang juga mengangkat tema serupa, dimana diceritakan bahwa ada sebuah tempat yang disebut Lightless Realm, dimana kegelapan perlahan menelan dunia dan menjadi sumber munculnya monster yang disebut Admonition (Imashime) dan Corpse, penjaga Lightless Realm. 8 orang anak muda direkrut sebagai pilot untuk melakukan investigasi terhadap Lightless Realm, dengan berbagai misteri yang menanti mereka.

Gw baru mencoba 1 episode dari anime ini, tapi rasanya M3 memiliki potensi yang cukup menjanjikan. Plot misteri yang gelap mengenai apa sebenarnya Lightless Realm dan hubungan sebenarnya dari ke-8 orang tersebut membuatnya cukup unik dan potensial, dengan action scene yang melibatkan mecha battle. Selain itu, salah satu yang membuat anime ini cukup diantisipasi adalah Mari Okada sebagai penulis script, yang juga menangani script untuk AnoHana dan Black Rock Shooter, serta Junichi Sato sebagai sutradara, yakni sutradara dari Sailor Moon series dan Kaleido Star series.

6. Mekakucity Actors - First Impression : 9/10

Sekelompok anak muda bergabung dalam kelompok yang di sebut "Mekakushi Dan" atau "Blindfold Organization". Para anggota kelompok ini masing-masing memiliki kekuatan khusus yang melibatkan mata mereka, di mana setiap anggota memiliki latar belakang dan kisahnya masing-masing.

Dari 2 episode yang sudah gw coba, Mekakucity Actors baru menjelaskan mengenai latar belakang para tokohnya, tapi dengan gaya surrealis dan penggambaran background cell-shaded, yang menjadikannya unik, imaginatif, tapi berhasil menyampaikan perasaan para tokohnya dengan luar biasa, membuat anime ini memiliki potensi perkembangan plot dan character development yang sangat menjanjikan. Animasi yang tajam dan facial expression yang detail juga menjadi nilai tambah dari anime produksi studio SHAFT ini.

7. One Week Friends - First Impression : 8.5/10

Yuuki Hase tertarik dengan teman sekelasnya, Kaori Fujimiya yang terlihat dingin dan selalu sendiri, tapi ketika dia memberanikan diri untuk meminta Fujimiya menjadi temannya, Fujimiya menolak dengan mengungkapkan kenyataan bahwa dia hanya bisa mengingat temannya selama 1 minggu, dan pada hari Senin, seluruh ingatan mengenai temannya itu akan terhapus. Meski mengetahui kenyataan tersebut, Hase tidak menyerah dan terus berusaha untuk berteman dengan Fujimiya, meskipun dia harus memulai hubungan baru dengannya setiap minggu.

Mulai dari artwork, desain karakter, sampai music score, 3 kata yang paling pas untuk menjelaskan One Week Friends adalah sederhana, lembut, dan manis. Kisah romance antara Hase dan Fujimiya yang dibangun minggu demi minggu, dan ketulusan perasaan Hase terhadap Fujimiya sangat terasa melalui kesederhanaan sikap dan pola pikir Hase. Walaupun rasanya masih ada plot hole tentang masalah ingatan Fujimiya, gw harap hal tersebut bisa dijelaskan lebih detail pada episode-episode berikutnya.

8. The Irregular at Magic High School - First Impression : 9/10

Di masa depan, magic adalah suatu hal yang dianggap sebagai bagian dari teknologi, dan tiap negara saling berlomba mengembangkan para magician. Tatsuya dan Miyuki Shiba adalah kakak beradik yang memulai pendidikan sebagai magician di Private Magic University Affiliated High School, dimana para siswa dibagi menjadi 2 kelas secara diskriminatif sesuai bakat mereka, yakni "Weed" atau "Bloom".

This is definitely not your daily high-school story, but that's what makes it interesting! Setting sekolah elit lengkap dengan konflik antar siswa yang melibatkan action scene dengan special effect magic yang indah, dan plot yang menarik mengenai misteri yang meliputi hubungan Tatsuya dan Miyuki, menjadikan anime ini salah satu favorit gw season ini. And don't forget the powerful opening theme from LiSA.

And that conclude all opinions from me, what's your opinion about this Spring Season's animes? :D

4 komentar:

  1. akhirnya ada anime bertemakan olahraga voli.
    dan jadi anime juga setelah sekian lama masih berbentuk manga.
    ditunggu deh ulasan tentang Haikyuu!
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp..langka juga tema soal voli..haha..
      sipp..kalo bisa pasti ntar d bikin review nya kalo uda tamat..hehe..:D

      Hapus
    2. iiya kayaknya yang pertama yang bagus.
      hehehe
      okeh ditunggu deh, lagipula manga nya juga masih on going.
      :)

      Hapus