Jumat, 04 April 2014

Anime Review : Noragami

Tak terasa tahun 2014 sudah memasuki akhir bulan Maret yang berarti semakin mendekati deadline dari seminar Tugas Akhir alias skripsi gw..that's why I'm unable to write any review or new content for the last 2 month..(>_<). Akan tetapi, akhir bulan Maret juga menandakan berakhirnya Winter Season 2014, dan sambil bersiap menyambut anime-anime baru pada Spring Season mulai April nanti (dan menyambut seminar + sidang..wkwk..), gw tetep pengen sharing review dari beberapa anime yang berhasil gw tonton di sela-sela galau skripsi..wkwk..
Gw sempet bahas sekilas tentang Noragami di artikel First Look on Winter Season 2014 lalu, and it turns out to be one of my favorite, and I wanna share my opinion and what I got from this anime..hope u like it and could find it useful..^^


About :
Judul      : Noragami
Status    : Finished, 12 episode, manga adaptation
Tayang  : 5 Januari 2014 - 23 Maret 2014
Genre    : action, comedy, supernatural
Studio    : BONES
Director : Kotaro Tamura
Music     : Taku Iwasaki

Seiyuu (Character Voice) :
Main :
- Yato         : Hiroshi Kamiya
- Hiyori Iki   : Maaya Uchida
- Yukine      : Yuuki Kaji

Supporting :
- Kofuku                : Aki Toyosaki
- Daikoku              : Daisuke Ono
- Tomone / Mayu  : Asami Imai
- Kazuma             : Jun Fukuyama
- Bishamon          : Miyuki Sawashiro
- Nora                   : Rie Kugimiya
- Rabo                  : Takahiro Sakurai
- Tenjin                 : Toru Ohkawa

Trailer :


Review :

"Sweet, cool, and enjoyable at the same time! ^^~"

Noragami adalah anime yang diadaptasi dari manga karya Adachitoka, mangaka yang juga menangani artwork untuk manga Alive hasil kolaborasi dengan Tadashi Kawashima. Manganya sendiri dirilis sejak 6 Desember 2010, dan sampai pada Februari 2014 telah mencapai 10 volume dan masih on going. Adaptasi anime nya diproduksi oleh BONES, studio di balik Fullmetal Alchemist series, Star Driver dan Soul Eater series, sekaligus original creator dari Darker Than Black series, Eureka Seven series dan RahXephon series. Side story dari Noragami juga dirilis dalam bentuk 2 buah OVA pada Februari 2014 dan Juli 2014 mendatang.

*Story
Yato adalah seorang dewa yang tidak terkenal dan melakukan pekerjaan menolong orang demi mengumpulkan imbalan untuk mewujudkan cita-cita membangun kuilnya sendiri sambil membasmi para Phantom, sejenis kumpulan roh jahat yang menggangu manusia. Ketika sedang menjalankan pekerjaan, dia hampir tertabrak truk tapi diselamatkan oleh Hiyori Iki. Karena kejadian itu, roh Hiyori mudah terlepas dari tubuhnya sewaktu-waktu dan menjadikannya Half-Phantom. Hiyori yang ingin tubuhnya kembali seperti semula memohon pada Yato setelah mengetahui dia adalah dewa, tapi Yato sendiri sebenarnya tidak mengetahui cara mengembalikan tubuh Hiyori seperti semula dan terus berkelit, sehingga Hiyori mau tidak mau sering terlibat dengan urusan Yato dalam usahanya meminta Yato mengembalikan tubuhnya seperti semula, termasuk mencarikan Yato sebuah Regalia atau "Sacred Treasure" untuk membasmi Phantom. Seiring dengan keterlibatan Hiyori yang semakin dalam dengan dengan dunia para dewa dan Phantom, Hiyori pun semakin memahami bagaimana sebenarnya kehidupan para dewa, hubungan mereka dengan Regalianya, dan kenyataan mengenai siapa Yato sebenarnya.

"For better or worse, people's feelings are always fickle. That is the way of things." - Rabo

Dengan pace yang cepat dari awal, kombinasi action scene bertema supernatural yang apik dengan adegan-adegan comedy yang segar membuat gw jatuh cinta pada Noragami sejak episode pertama, dan kecintaan gw pada Noragami semakin berkembang seiring dengan berjalannya cerita. Awalnya gw berpikir Noragami akan berfokus pada unsur Phantom-hunting yang lebih mengutamakan action, tapi ternyata cerita justru lebih terfokus pada eksplorasi karakter dengan Phantom-hunting tersebut sebagai bumbu, tapi tetap menarik untuk disimak. Hubungan para dewa dengan Regalia mereka menjadi salah satu spotlight dalam cerita, mirip dengan hubungan Shinigami dengan Zanpakutou mereka dalam Bleach, tapi Noragami berhasil mengembangkannya menjadi lebih kompleks dan menyentuh, bagaimana hubungan mereka bukan hanya sebatas hubungan kaku antara alat dan tuannya, tapi bagaimana hubungan mereka bisa menjadi seperti hubungan antar teman atau saudara yang begitu dekat, bebas, saling memahami dan saling bergantung, tapi siap saling melindungi dengan taruhan nyawa.  

"Even if things are painful and tough, people should appreciate what it means to be alive at all." - Yato

Para Phantom dalam Noragami juga digambarkan dengan sangat baik, simpel, tapi justru berhasil membangun image creepy nya dengan efek suara bisikannya yang khas, dan menekankan bahwa para Phantom bisa muncul di mana saja, menjangkiti siapa saja seperti penyakit, dan menggiring mereka pada kegelapan melalui kesedihan, kesepian, ketakutan, iri, dan emosi negatif lainnya yang dengan mudah muncul dalam hati manusia. Di tengah cerita yang apik berbalut action tersebut, yang membuat Noragami begitu enjoyable adalah selipan romance-comedy yang fresh, pada moment yang tepat, sehingga menghasilkan efek komedi yang effortless. Kelakuan Yato yang konyol dan serampangan ditimpali reaksi Yukine dan Hiyori yang sering berlebihan, sukses memancing tawa sepanjang cerita. Bunga-bunga romance juga mulai berkembang ketika perlahan Yato mulai menyadari bahwa kehadiran Hiyori telah begitu menyelamatkannya, dan membuat kita teringat pada hubungan Kaoru-Kenshin dalam Rurouni Kenshin atau Kagome-Inuyasha dalam Inuyasha. 

Be careful. The darkness is always right there with you." - Mayu/Tomone

Sejujurnya sepanjang cerita 1 season ini, gw belum menemukan kekurangan atau plot hole yang berarti dalam Noragami, kalaupun ada, paling hanya terbatas pada kurangnya eskplorasi pada latar belakang para karakter, khususnya Yato sebagai karakter utama, karena sampai akhir cerita tidak dijelaskan apa penyebab dia bisa berubah drastis dan meninggalkan masa lalunya, tapi hal itu rasanya wajar mengingat jatah tayang Noragami hanya 12 episode, selain itu gw akan mengambil sisi positifnya dan menganggap latar belakang tersebut merupakan bahan eksplorasi untuk season berikutnya (I really need 2nd season of Noragami..haha..>////<).

*Karakter
I love all of the character in Noragami, bagaimana berbagai sisi dari para karakter ditampilkan dengan natural dan berhasil dikembangkan dengan baik seiring jalannya cerita. Mulai dari penggambaran karakter remaja melalui Yukine yang labil dan kesepian, sisi lain dari Yato, karakter Nora yang manis dan misterius, sampai Rabo sang villain yang kejam karena sebenarnya kesepian.

Yato (夜ト) : Seorang dewa kecil yang tidak dikenal orang dan melakukan pekerjaan menolong orang sesuai permintaan sebagai "Delivery God" untuk mengumpulkan imbalan demi mewujudkan cita-cita membangun kuilnya sendiri. Dari luar dia terlihat serampangan, narsis, konyol, dan cuek, tapi sebenarnya memiliki masa lalu yang kelam dan bisa jadi begitu dingin saat serius, meskipun sebenarnya berhati lembut. Ketika Yukine, regalia barunya yang masih labil sering berbuat dosa, Yato terus berusaha memperingatkan Yukine dengan caranya, dia tetap mempercayai Yukine dan tidak meninggalkannya meskipun dia harus menahan penderitaan setiap kali Yukine berbuat dosa. Dihidupkan dengan brilian oleh Hiroshi Kamiya, yang juga mengisi suara untuk Levi (Rivai) dalam Attack on Titan, serta Akashi Seijuurou dalam Kuroko no Basuke series.

- Yukine (雪音) : Roh seorang remaja yang dijadikan Regalia baru oleh Yato, ketika berubah menjadi senjata, dia berwujud sebilah pedang bernama Sekki. Anak yang sebenarnya polos, baik hati dan memiliki bakat besar sebagai Regalia, tapi usianya yang masih remaja membuat karakternya labil dan rentan dirusak oleh berbagai emosi negatif. Pada dasarnya dia hanya seorang anak yang kesepian dan ingin memiliki teman selayaknya anak-anak seusianya, karena itu dia sangat menyayangi Hiyori yang bersedia menjadi temannya dan selalu menolongnya. Disuarakan oleh Yuuki Kaji, yang juga telah mengisi suara untuk Eren Jaeger dalam Attack on Titan, serta Alibaba Saluja dalam Magi series.

- Hiyori Iki (壱岐 ひより) : Gadis SMP yang manis, baik hati, pemberani dan tegas ini menyelamatkan Yato saat dia hampir tertabrak truk, dan karena kejadian itu, dia menjadi Half-Phantom yang menyebabkan roh nya mudah terlepas dari tubuhnya sewaktu-waktu. Dalam usahanya meminta Yato untuk mengembalikan tubuhnya seperti semula, perlahan dia malah jadi terlibat semakin dalam dengan dunia para dewa dan Phantom, tapi Hiyori sendiri justru jadi bersahabat dengan mereka, dan ingin terus berhubungan dengan mereka, khususnya dengan Yato ^^~. Keberanian dan ketulusan Hiyori yang tanpa ragu menempuh bahaya demi Yato dan Yukine telah berkali-kali menyelamatkan mereka. Disuarakan dengan manis oleh Maaya Uchida yang juga mengisi suara untuk Hajime Ichinose dalam Gatchaman Crowds dan Rikka Takanashi dalam Chūnibyō demo Koi ga Shitai! (Love, Chunibyo & Other Delusions!) series.


- Nora (野良) : Regalia tak bertuan yang berwujud gadis kecil yang manis tapi misterius dan dingin, belum jelas apa tujuannya sebenarnya, tapi dia ingin agar Yato menggunakannya lagi dan kembali pada dirinya yang dingin dulu, meskipun untuk itu dia harus memanipulasi Yukine dan Rabo. Disuarakan oleh Rie Kugimiya yang juga mengisi suara untuk si kucing Happy dalam Fairy Tail dan Alphonse Elric dalam Fullmetal Alchemist series.

- Rabo (蠃蚌) : God of Calamity yang terbangun dari tidur panjangnya selama ratusan tahun hanya untuk menemukan kenyataan bahwa orang-orang telah melupakan dirinya, dan Yato, rekannya dulu, telah berubah menjadi dewa yang mengabulkan permintaan-permintaan kecil dan hidup menyedihkan. Berdarah dingin dan tak ragu membunuh apapun yang menghalanginya, tapi sebenarnya dia hanya kesepian dan ingin mati di tangan Yato, orang yang mengenalnya dan rekannya dulu, dibanding mati menghilang karena dilupakan orang. Disuarakan dengan keren oleh Takahiro Sakurai, seiyuu yang juga mengisi suara untuk Akechi Mitsuhide dalam Nobunaga The Fool dan Kazuya Miyuki dalam Ace of Diamond.

*Seiyuu
Special credit dan favorite performance untuk seiyuu jatuh tak lain pada Hiroshi Kamiya sebagai Yato, karena performancenya sebagai Yato yang sangat brilian, caranya menghidupkan sisi konyol dan narsis Yato berperan paling besar dalam membangun sisi komedi dalam cerita, tapi tetap berkharisma saat membawakan sisi serius Yato. Selain itu, trio lead seiyuu dalam Noragami masing-masing memenangkan penghargaan pada 8th Annual Seiyū Awards pada 1 Maret 2014, Hiroshi Kamiya memenangkan Most Votes Award, Yuuki Kaji memenangkan Best Lead Actor Award, dan Maaya Uchida memenangkan penghargaan Best New Actress Award.

*Animasi
Secara overall, animasi dan artwork dalam Noragami disajikan oleh BONES dengan detail dan konsistensi yang sangat baik, and the special effect everytime a Phantom slayed was especially beautiful..^^

*Music Score
Taku Iwasaki yang juga menangani musik untuk Gatchaman Crowds, Gurren Lagann series, dan Black Butler series mengiringi Noragami dengan berbagai BGM instrumental yang memberikan kesan misterius dan intense, tapi tetap manis di beberapa adegan, serta berhasil membangun efek mistis yang megah melalui BGM sejenis orkestra tradisional khususnya ketika ritual setiap kali Yato menjalankan pembasmian Phantom. And the sound effect for the way the Phantom talk is also creepy..haha.. 
Anyway, here's the theme song for Noragami, and as I said before, I LOVE the ED song..:D

OP:

ED:
"Heart Realize" by Tia (TV version)

Overall, Noragami adalah anime yang RECOMMENDED, action-supernatural yang apik dengan cerita yang berbobot tentang hati manusia dan persahabatan dengan bumbu romance-comedy yang fresh, disajikan dengan animasi dan music score yang indah, dan dihidupkan oleh performance para seiyuu yang luar biasa. Kurangnya eksplorasi pada latar belakang karakter gw harap merupakan pertanda bahwa Noragami akan dilanjutkan ke season 2, because I really eager to see how things will develop between Yato and Hiyori, how strong Yukine will become, and what's Nora's true intention..haha..

(+) action-supernatural yang keren, good story plus fresh romance-comedy, beautiful animation and music score, splendid seiyuu performance.

(-) Kurang eksplorasi latar belakang, kurang jumlah episode :p

My Rating :
Story         : 9.5/10
Character : 10/10
Music        : 9.5/10
Seiyuu      : 10/10
Animasi    : 9/10

OVERALL : 9.6/10

4 komentar:

  1. hiyori itu masih smp di noragami, klo di aragotonya baru udah sma -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya maap salah..uda di revisi koq, makasih koreksi nya ya :)

      Hapus
  2. keren banget jadi pengen nonton reviewnya juga oke banget

    Lahan Industri

    BalasHapus