Senin, 20 Januari 2014

First Impression on Winter Season 2014

Dalam rangka tahun baru, gw berpikir buat menambah variasi konten dari blog ini, dan terinspirasi dari Preview Guide di situs ANN, gw berniat membuat konten sejenis, yakni semacam first impression gw terhadap beberapa judul anime-anime baru setiap season berdasarkan beberapa episode awalnya :D

Berhubung kita baru memasuki Winter Season 2014, kali ini gw mw membahas beberapa judul dari Winter Season ini yang sempat gw coba, yakni:

1. Hamatora
2. Witch Craft Works
3. Nisekoi
4. Noragami
5. Nobunaga The Fool
6. Tonari no Seki-kun
7. Pupa
8. Wizard Barristers: Benmashi Cecil

So, here comes! Hope u like it and could find it useful..^^~

1. Hamatora - First Impression : 8/10 - Full Review
Tema sekelompok orang dengan superpower yang membasmi kejahatan rasanya sudah cukup sering di angkat, tapi selalu jadi tema yang dinantikan, dan dalam Hamatora, orang-orang berkekuatan super disebut Minimum Holders. Nice, Murasaki, dan teman-temannya adalah para Minimum Holders yang menjalankan biro detektif privat dan menerima pekerjaan untuk memecahkan berbagai kasus, yang tak jarang membuat mereka harus berhadapan dengan Minimum Holders lainnya.

Pertama kali liat, gw merasa Hamatora seperti Code:Breaker yang dibawakan dalam gaya K Project, dari character design dan efek color-pop nya setiap kali para Minimum Holders menggunakan kekuatannya. Gw belum menemukan sesuatu yang spesial dari Hamatora dibandingkan anime-anime bergenre sejenis, tapi sejauh ini gw cukup menikmati Hamatora, khususnya kombinasi karakternya dan jokes-jokes yang diselipkan di tiap episode.

2. Witch Craft Works - First Impression : 7.5/10
Para penyihir di dunia ini dikisahkan terbagi menjadi 2, Workshop Witch yang menjaga kedamaian dunia dengan memastikan sihir tidak disalah gunakan, dan Tower Witch yang menggunakan sihir demi kepentingannya sendiri dan membawa kekacauan di dunia. Takamiya Honoka adalah seorang pemuda yang terjebak dalam pertarungan antar penyihir tersebut setelah mendadak diserang oleh Tower Witch yang mengincar dirinya untuk tujuan tertentu. Yang kemudian menyelamatkannya adalah Ayaka Kagari, idola sekolah yang ternyata seorang Workshop Witch yang selama ini mengawasi dan melindunginya.

Well, sejujurnya, so far this kind of show is not really my favorite, tapi bagi yang suka genre magical girl-romance-comedy, Witch Craft Works mungkin bisa jadi salah satu pilihan season ini. Plot yang potensial, animasi yang cukup berkualitas dari J.C Staff, para magical girls yang manis, and don't forget those fan services. 

3. Nisekoi - First Impression : 8.5/10
Another high school love story, hanya saja dengan bumbu janji masa lalu dengan cinta pertama, dan hubungan palsu karena perjodohan, sesuai dengan arti judulnya, "false love". Kisah Nisekoi berpusat pada bagaimana Raku Ichijo, sang pemuda pewaris keluarga yakuza yang ketika kecil berjanji dengan gadis cinta pertamanya untuk bertemu lagi ketika dewasa, tapi malah terjebak hubungan palsu dengan Chitoge Kirisaki, pewaris keluarga yakuza saingan keluarganya yang cantik tapi kasar.

Secara plot, rasanya sudah agak bisa ditebak kemana arah cerita dari Nisekoi (sebagai anime adaptasi dari manga, kebetulan gw belum baca manganya, so I'm free from spoiler..haha..), tapi dari episode pertamanya, cara Nisekoi menyajikan ceritanya cukup unik. Dengan efek filter yang "berkilauan" di berbagai adegan, Nisekoi rasanya cocok dibilang; "a really sparkling high school love story, literally.", hal itu menjadikan Nisekoi begitu indah dan dream-like secara visual, tInggal melihat bagaimana Nisekoi mengembangkan potensi ceritanya.

4. Noragami - First Impression : 8.5/10 - Full Review
Yato, seorang dewa kecil yang tidak terkenal dan melakukan pekerjaan menolong orang demi mengumpulkan imbalan untuk membangun kuilnya, diselamatkan oleh Hiyori ketika dia hampir tertabrak truk, dan karena kejadian itu roh Hiyori jadi mudah terlepas dari tubuhnya. Hiyori meminta Yato untuk mengembalikan tubuhnya seperti semula, sambil bekerja sama dengan Yato membasmi para Phantom, sejenis kumpulan roh jahat yang mengganggu manusia.

Salah satu judul yang gw suka di season ini walaupun baru nonton 2 episode, action supernatural dengan dark comedy yang membuat gw merasa Yato menyembunyikan sesuatu yang gelap dan menyedihkan di balik senyumnya dan semua tingkah konyolnya, and it's really exciting to see how Hiroshi Kamiya would voicing Yato :D. Animation overall is fairly good, but the special effect when Yato use his Sacred Treasure is beautiful. and I love the ED song.

5. Nobunaga The Fool - First Impression : 8.5/10
Di masa lalu, dikisahkan dunia terbagi menjadi 2 bintang, Western Star dengan dunia ala Eropa abad pertengahan, dan Eastern Star dengan dunia ala Jepang pada jaman Edo, hanya saja dengan sentuhan yang lebih imaginatif. Jeanne Kaguya d'Arc dari Western Star memutuskan pergi ke Eastern Star dibantu oleh Leornardo da Vinci untuk mencari jawaban atas "vision" yang selama ini dialaminya mengenai orang yang dianggapnya sebagai "Savior-King" yang akan menyelamatkan kedua bintang. Ketika mendarat di Eastern Star, dia bertemu dengan Oda Nobunaga yang bertekad menguasai dunia, and so, their journey began.

Kombinasi komponen-komponen Nobunaga The Fool sebenarnya gw rasa punya potensi besar untuk menjadi anime yang luar biasa, setting 2 dunia yang sangat imaginatif, berbagai karakter bishojo dan bishonen sebagai personifikasi tokoh-tokoh dunia, dan action yang menjanjikan dengan mecha yang keren (dan ditambah partisipasi para seiyuu top-class >///<). Masalah utamanya adalah bagaimana Nobunaga The Fool meramu berbagai komponen tersebut agar tidak berakhir overload dan terkesan "maksa", karena first impression gw terhadap anime ini adalah; "berasa Valvrave di era feodal", and really hope this one could do better.

6. Tonari no Seki-kun - First Impression  : 8.5/10
Toshinari Seki selalu melakukan keisengan di tengah jam pelajaran yang membuat perhatian Rumi Yokoi, gadis rajin yang duduk di sebelahnya menjadi terganggu. Tanpa sadar Rumi jadi tertarik pada permainan-permainan yang dilakukan Seki, dan malah terkadang "ikut bermain" bersama Seki. 

It's as simple as that, sejauh ini 2 episode yang gw tonton, this anime is full-time-fun. Anime berdurasi 8 menitan ini hanya menggambarkan bagaimana Seki justru bermain dengan serius sepanjang kelas di sekolah, serta bagaimana Rumi perlahan malah jadi memperhatikan Seki dan ikut terbawa arus permainan Seki yang memang unik dan kreatif. Disajikan dengan artwork yang amat-sangat-sederhana (a bit CG on some things that Seki play with though), tapi lebih menghibur daripada yang diperkirakan :D

7. Pupa - First Impression : 7/10
Utsusu dan Yume Hasegawa adalah kakak-beradik dari keluarga broken home yang sering mengalami kekerasan oleh ayah mereka ketika kecil. Suatu hari Yume sang adik, menemukan sekelompok kupu-kupu merah yang menjadikannya berubah menjadi sesosok monster pemakan manusia yang mengerikan, dan Utsusu pun harus berusaha mencari cara untuk menyelamatkan adiknya.

Satu hal yang pasti dari anime horor ini adalah; kurang lama. Durasi yang hanya 5 menitan menjadikan cerita serba cepat, kurang jelas dan agak tanggung, karena adegan horor dan gore nya terhalang dengan sensor yang hampir memenuhi layar (sejauh ini buat gw masih lebih horor Attack on Titan mungkin..haha..), tapi sepertinya gw masih cukup tertarik untuk melihat bagaimana kelanjutan usaha Utsusu untuk menyelamatkan Yume. Hal lain yang cukup mencolok dari anime ini adalah artwork backgroundnya yang didominasi goresan pensil dan cat air.

8. Wizard Barristers: Benmashi Cecil - First Impression : 8.5/10
Di masa depan, orang-orang yang memiliki kekuatan sihir hidup bersama di tengah masyarakat, dan terkadang para penyihir tersebut terlibat dengan tindak kejahatan. Untuk itu, ada sekelompok orang yang di sebut Wizard Barristers yang berfungsi sebagai pengacara khusus untuk membela para penyihir yang terlibat dalam kasus. Salah satu dari Wizard Barristers tersebut adalah Cecil Sudo, sang penyihir muda yang bertekad menegakkan keadilan.

Episode pertamanya berhasil membuat gw cukup jatuh cinta, dengan pemilihan tema yang unik, plot mengenai keadilan dan humanity yang berbobot, ditambah karakter-karakter adorable dengan artwork yang rasanya lebih mendekati desain karakter pada manhwa Korea dibanding manga atau anime Jepang pada umumnya. Studio Arms berhasil menyajikan efek-efek magic dalam Wizard Barristers dengan cukup solid, khususnya sentuhan CG 3D untuk metaloid dan diaboloid. This one definitely has a potential to be an amazing one! ^^


That's few of this season's anime that I'm able to look at, which one appeal to you this season? :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar