Selasa, 18 Agustus 2015

Anime Review : Haikyuu!!

Haloo lagii, semuaa ^0^~
Setelah cukup lama tertunda, akhirnya review ini bisa g beresin juga..kali ini gw pengen sharing review dari anime Haikyuu! Anime nya sendiri sebenarnya tergabung dalam jajaran anime Spring Season 2014 lalu, tapi gw baru sempat nulis review nya sekarang. Sangat telat memang, but just like I always says, better late than never. :)

So here goes, hope you like it and could find it useful ^^~


About :
Judul      : Haikyuu!!
Status    : Finished, 25 episodes, manga adaptation
Tayang  : 6 April 2014 - 21 September 2014
Genre    : sport, drama, comedy, shonen
Studio    : Production I.G
Director : Susumu Mitsunaka
Music    : Asami Tachibana, Yuuki Hayashi

Seiyuu (Character Voice) :
Main :
- Shouyou Hinata   : Ayumu Murase
- Tobio Kageyama : Kaito Ishikawa

Supporting :
- Koushi Sugawara      : Miyu Irino
- Yuu Nishinoya           : Nobuhiko Okamoto
- Daichi Sawamura      : Satoshi Hino
- Ryuunosuke Tanaka : Yuu Hayashi
- Asahi Azumane         : Yoshimasa Hosoya

Trailer :


Review :

"Never expected sports genre could be this moving, you can feel their spirit overflowing throughout every episode! :)"

Haikyuu!! merupakan anime yang diangkat dari manga karya Haruichi Furudate yang sampai saat ini telah mencapai 16 volume dengan status masih ongoing. Anime nya sendiri diproduksi oleh salah satu studio animasi kelas kakap, yakni Production I.G, studio yang juga menelurkan Kuroko no Basuke series, Ghost in The Shell series,dan Evangelion series.

*Story
Meskipun bertubuh mungil, Shouyou Hinata sangat menyukai voli dan terinspirasi untuk menjadi pemain voli serta spiker yang hebat setelah melihat sebuah pertandingan voli di televisi ketika dia kecil. Akan tetapi ketika SMP, dia tidak memiliki rekan untuk berlatih, sehingga ketika berhasil pertama kali tampil di pertandingan, dia kalah telak oleh Tobio Kageyama, sang King of the Court. Dengan tekad untuk membalas kekalahannya, Hinata pun masuk ke SMA Karasuno, hanya untuk menemukan bahwa Kageyama, sang rival, akan menjadi rekan se tim nya di sana. Bersama dengan sang rival dan rekan-rekan yang ditemuinya di tim voli Karasuno, mereka berusaha menjadikan Karasuno tim voli terbaik.

"You don't win alone. That's just how it is." - Tobio Kageyama

Karena sebenarnya gw jarang menonton anime bergenre sports, ketika pertama kali mencoba menonton Haikyuu!!, gw cuma berpikir "kenapa ga dicoba untuk memperluas wawasan dan genre? Selain itu hype serial ini keliatannya tinggi", tapi pada prakteknya, dari episode awal-awal pun, Haikyuu!! mengingatkan gw pada Eyeshield 21, yang sama-sama berhasil memberikan gw sajian khas genre sports yang mengusung topik utama tentang persahabatan, saling percaya, dan tekad pantang menyerah, yang entah bagaimana, bisa terasa begitu menyentuh meskipun sederhana. 

"Even if the ball bounces off the wall, I'll keep it in play. So call for the toss again, ace!"  - Yuu Nishinoya

Kebetulan, waktu menonton Haikyuu!! ini, gw juga sedang mengikuti (dan menyukai) anime sports lainnya yang cukup populer, yakni Kuroko no Basuke, tapi setelah menonton Haikyuu!!, justru gw jadi merasa harus mengakui, bahwa dibandingkan Kuroko no Basuke, dan mungkin juga anime-anime bergenre sports lainnya yang lebih mengutamakan pada "greget" nya pertandingan dan skill-skill flashy yang kelihatannya hampir tidak mungkin dilakukan dalam pertandingan aslinya, Haikyuu!! lebih mengutamakan sportifitas dan team work yang dibangun dengan begitu hati-hati, detail, dan alami. 

"Even if we're not confident that we'll win, even if others tell us we don't stand a chance, we must never tell ourselves that" - Daichi Sawamura

Pertandingan-pertandingan yang ditampilkan mungkin terasa lebih "santai" dan lebih lambat pace  nya bila dibandingkan dengan anime sports lainnya, tapi setiap pertandingan dalam Haikyuu!! terasa begitu bermakna, karena pada setiap pertandingan, perasaan dan perkembangan yang dialami setiap karakter dijelaskan melalui inner monolog mereka, dan melalui dialog-dialog sederhana namun penuh makna. Ketika kita sebagai penonton terbawa perasaan "greget" saat menyaksikan pertandingan, gw rasa itu merupakan hal yang biasa dalam anime sports, tapi ketika serial tersebut bisa membuat penontonnya ikut merasa terharu dan gembira setiap kali tim protagonis menang, atau ketika melihat mereka berkembang selangkah demi selangkah, dan diakui oleh lawan mereka, I think that's totally a sign for a great sports anime! ^^

Haikyuu!! sangat berpusat pada team work dalam perkembangannya, dan menyaksikan Haikyuu!! mengingatkan kita kembali bahwa kadang dalam team work, kita tanpa sadar fokus pada melakukan tugas kita sendiri dengan sebaik-baiknya, padahal yang sebenarnya menjadi inti dari team work bukan hanya pada bagaimana kita melakukan yang terbaik yang kita bisa dalam peran kita di tim tersebut, tapi juga bagaimana kita bisa membantu agar seluruh anggota tim bisa memaksimalkan potensi mereka dan memberikan yang terbaik yang mereka bisa.

"We're nothing if don't cooperate. A chemical synergy happens when each one encounters the other...Even this very moment is giving birth to other encounters that will change the world"Ittetsu Takeda

Haikyuu!! juga berhasil mengangkat olahraga voli yang rasanya masih jarang diekspos dibandingkan olahraga populer lainnya, dengan sangat baik, dengan memberikan penjelasan untuk hal-hal teknis dalam voli, seperti peraturan, dan peran masing-masing posisi, sehingga bahkan penonton yang awam terhadap olahraga voli pun bisa mengerti tentang voli dan jadi lebih dapat menghayati cerita yang disampaikan, atau bahkan mungkin tertarik untuk mencoba olahraga voli itu sendiri. Season kedua Haikyuu!! sendiri dijadwalkan akan tayang pada bulan Oktober 2015 mendatang, and I love how they're ending this first season, karena season ini tidak hanya berakhir dengan prinsip mainstream sports anime seperti; "menang-kalah yang penting pantang menyerah dan terus berlatih", melainkan menggambarkan juga mengenai bagaimana para karakter tersebut membuat pilihan untuk masa depan mereka.

*Karakter
Eksplorasi dan character development dalam Haikyuu!! layak mendapat acungan dua jempol, karena untuk sebuah anime sports, gw pribadi sangat mengapresiasi caranya mengeksplor hampir setiap karakter dengan begitu baik, dan masing-masing kakter mendapat porsi pengembangan yang adil. Ketika biasanya karakter pemain cadangan atau karakter dari tim lawan hanya berfungsi sebagai figuran yang difungsikan sebagai "pemeriah suasana", Haikyuu!! justru berhasil memberikan penonton gambaran mengenai kesedihan, penyesalan, sekaligus sportifitas yang dari para karakter figuran tersebut dalam setiap pertandingan. Yang menjadi sedikit kekurangan mungkin hanya pada karakter Kiyoko, sang manajer, yang justru terlalu dingin, sampai-sampai rasanya tidak terlalu terasa perannya dalam perkembangan cerita. Key character dalam Haikyuu!! adalah;

- Shouyou Hinata (日向翔陽) : Pemuda bertubuh mungil yang bercita-cita menjadi pemain voli yang hebat setelah melihat pertandingan voli Karasuno di televisi ketika dia kecil. Polos, bertekad kuat, dan sebenarnya sangat berbakat. Disuarakan oleh Ayumu Murase, yang suaranya dapat didengar pula sebagai karakter Mori Ranmaru pada Nobunaga Concerto, serta sebagai Heito Isaku dalam M3 The Dark Metal.

- Tobio Kageyama (影山飛雄) : Dikenal sebagai King of The Court ketika SMP karena kemampuannya yang luar biasa sebagai setter, meski demikian, Kageyama sulit mempercayai orang lain ataupun bekerja sama dalam tim karena kepribadiannya yang perfeksionis. Dihidupkan oleh salah satu seiyuu yang sedang naik daun belakangan ini, yakni Kaito Ishikawa, yang juga mengisi suara untuk Pegasus Seiya dalam anime CG movie Saint Seiya : Legend of Sanctuary, serta Shiho Kimizuki dalam Owari no Seraph.

- Koushi Sugawara (菅原孝支) : Sugawara merupakan setter reguler dari tim Karasuno, sekaligus senior yang lembut, dan selalu bisa menjadi penengah yang bijaksana bagi rekan-rekannya. Disuarakan oleh Miyu Irino, yang juga mengisi suara untuk Jinta Yadomi dalam AnoHana, serta Sena dalam Eyeshield 21.
- Daichi Sawamura (澤村大地) : Sebagai kapten dari tim Karasuno, Sawamura merupakan orang yang sangat menghargai rekan-rekannya, tapi sekaligus tegas ketika dia harus mengambil keputusan demi tim. Dihidupkan oleh Satoshi Hino, yang juga berperan sebagai Akito Takagi dalam Bakuman series, dan Yuuji Sakai dalam Shakugan no Shana series.
- Yuu Nishinoya (西谷夕) : Seperti halnya Hinata, Nishinoya juga bertubuh mungil, pantang menyerah dan ceria, tapi kemampuannya sebagai libero membuatnya sangat diandalkan dalam pertahanan tim. Dihidupkan oleh Nobuhiko Okamoto, yang juga menghidupkan Eiji Niizuma dalam Bakuman series dan Rin Okumura dalam Ao no Exorcist.
*Seiyuu
Cerita berkualitas sebaik apapun akan sulit tersampaikan secara maksimal melalui karakternya tanpa seiyuu perfomance yang baik, dan dengan performance luar biasa dari begitu banyak top-class seiyuu yang terlibat dalam anime ini, membuat para karakter dalam Haikyuu!! terasa begitu hidup dan meluap-luap dengan emosi. Untuk sang protagonis Hinata dan Kageyama sendiri, sebenarnya justru dibawakan oleh para seiyuu yang masih tergolong baru dengan track record nya belum sebanyak seiyuu-seiyuu yang membawakan para karakter pendukung, tapi mereka berdua terbukti bisa memberikan performance dengan chemistry yang tak kalah bagusnya :D.
Akan tetapi, somehow rasanya gw perlu memberikan special credit untuk Nobuhiko Okamoto untuk performance nya sebagai Nishinoya, karakter suaranya terasa begitu pas, dan performance yang ditunjukkannya pada episode 9 membuatnya masuk dalam daftar adegan-adegan dalam anime dengan seiyuu performance yang memorable buat gw. ^^~

*Animasi
Mengingat Haikyuu!! di produksi oleh studio sekelas Production I.G, dari awal gw ga meragukan kualitas animasinya, dan hal tersebut terbukti dengan konsistensi kualitas dan detail menakjubkan, khususnya untuk facial expression, yang ditunjukkan sepanjang 25 episode season ini.


*Music Score
I don't think I have any complaint for the choice of the OP and ED songs, dan lagu-lagu BGM yang mayoritas berupa lagu-lagu akustik instrumental sebagai pengiring cerita pun sebenarnya mampu membuat cerita lebih terasa dramatis, tapi seharusnya dapat lebih baik lagi, karena terasa agak repetitif dan terlalu sederhana.

OP :

ED :

Overall, Haikyuu!! adalah anime yang RECOMMENDED. Genre sport yang menyajikan tentang persahabatan, sportifitas dan team work yang fresh, menghibur, dengan cara yang sederhana tapi menggugah. Storyline dan pengembangan karakter yang apik dan teliti, didukung animasi dan seiyuu performance yang superb! ^^~

(+) Storyline dan character development yang apik tentang persabahatan, team work dan sportifitas yang disampaikan dengan sederhana tapi menggugah, animasi dan seiyuu performance yang berkualitas.

(-) BGM agak repetitif dan terlalu sederhana. Berpotensi dirasa kurang 'greget' untuk genre sport.

My Rating :
Story         : 10/10
Character : 10/10
Music        : 9/10
Seiyuu      : 10/10
Animasi    : 10/10

OVERALL : 9.8 / 10

12 komentar:

  1. nice serve!!
    Ganbatte pipin~ /o/

    BalasHapus
  2. Setuju ama reviewnya, Haikyuu season 1 bener2 epic. Recomended bgt pokoknya, Tonton juga Haikyuu s2nya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp~! one of all time fave sports genre de..haha..
      season 2 nya ngikutin jg koq pastinya :D

      Hapus
  3. Keren sih jalan ceritanya, tp ane kurang sreg sama bentuk wajahnya, tp who's care, selama bagus mah enjoy2 aja

    BalasHapus
  4. sudah nonton semua season, dan sudah ditonton ulang hingga 3x.
    God...I love this anime so muuuuuuccchhh...

    BalasHapus
  5. Salah satu anime sport paling hits selain kuroko no basuke dll. Cuman satu sih anime yang gak bakal diproduksi jepang, yaitu badminton. Kabarnya juga tanggal rilis Anime Haikyuu Season 4 sudah jelas dipersiapkan tahun ini.

    BalasHapus
  6. Best anime, alur menarik juga ditaburi cogan-cogan :3

    BalasHapus
  7. The most anime paling gregett sepanjang masa

    BalasHapus
  8. bisa dibilang gue sebelumnya bukan penyuka anime,tapi setelah dapey rekomendasi dari temen tentang haikyuu ini,wah gila sih gila! gue sampe rewatch 3 kali dari season 1 smpe 4. Udah gitu gue jadi respek bgt sama olahraga volly,padahal sebelumnya biasa aja. Pokoknya best banget lah haikyuu ini. mantap!!!

    BalasHapus
  9. setujuu! ga ngerti lg sh, uda ber season" begitu tp greget dan kualitas pengembangan karakternya ttp konsisten 👍😄

    BalasHapus
  10. Setuju banget. Haikyuu the best dan jujur emang bener bgt dibandingkan anime KnB atau yg lain, perkembangan karakternya bagus di setiap season. Yang paling bagus menurutku season 2. Dan art-nya memang berubah sejak season 3 dan 4. Tapi tetap aja setiap pertandingannya sangat menarik dan ditunggu2. Apalagi kalau ada season 5 yg kemungkinan besar merupakan pertandingan tong sampah.

    BalasHapus