Selasa, 29 Juli 2014

First Impression on Summer Season 2014

Pertama-tama gw mau minta maaf, karena postingan ini mungkin cukup terlambat karena Summer Season 2014 sendiri sudah berjalan hampir sebulan (>_<). Belakangan ini gw cukup sibuk dengan urusan kampus, karena harus mempersiapkan sidang akhir, dan Puji Tuhan, I have officially get my Bachelor Degree now! Finallyy!! ^^~

Anyway, Summer Season 2014 ini merupakan salah satu musim yang sangat menyenangkan, karena adanya anime-anime berkualitas yang mendapat sekuel season ini, seperti Sword Art Online II, Black Butler - Book of Circus, dan mungkin salah satu yang paling dinantikan para fangirls, Free! 2 - Eternal Summer..wkwkwk..
Selain itu ada juga beberapa anime-anime lama yang di-remake atau tayang kembali dengan tambahan di beberapa bagian, seperti Persona 4 Golden, Psycho Pass, dan tentu saja, Sailor Moon Crystal! =D

Karena itu, meskipun cukup telat, tapi gw tetap ingin berbagi pendapat mengenai beberapa anime-anime baru yang membuat Summer Season ini semakin meriah. Beberapa anime yang mau gw bahas di sini antara lain:

1. Aldnoah.Zero
2. Ao Haru Ride
3. Akame ga Kill!
4. Tokyo ESP
5. Zankyou no Terror
6. Tokyo Ghoul

Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi penonton yang masih mencari anime baru apa season ini yang menarik untuk diikuti, hope you like it and could find it useful! ^^~

1. Aldnoah.Zero - First Impression: 9/10 

Penemuan artefak Hyper Gate milik peradaban kuno dari Planet Mars di Bulan menjadi gerbang penghubung jalan antara Bumi dengan Planet Mars, akan tetapi gerbang tersebut juga menjadi jalan masuk bagi Vers Empire, yang kemudian memicu perang antara manusia Bumi dengan Mars. 15 tahun setelah perang panjang yang menghancurkan Bulan serta Hyper Gate dan menyebabkan berbagai bencana alam di Bumi yang disebut Heavens Fall, gencatan senjata antara Vers Empire dengan Bumi kembali hancur dengan terbunuhnya putri dari Vers yang datang ke Bumi dengan tujuan perdamaian. Ketika perang kembali pecah, Inaho Kaizuka dan teman-temannya pun terseret dalam pertempuran melawan Vers Empire yang berniat menaklukan Bumi.

Aldnoah.Zero menampilkan plot politik antara manusia Bumi dan Mars yang menjanjikan, dengan mecha battle yang menarik bahkan sejak battle pertama, dan ditampilkan dengan visual yang halus serta detail artwork yang mengagumkan. Cerita yang sudah menegangkan sejak episode pertama melibatkan adegan serangan dari Vers yang diiringi dengan BGM musik orkestra megah dan insert song khas Hiroyuki Sawano, menghasilkan adegan kehancuran kota akibat serangan pasukan Vers Empire yang breathtaking. Sayangnya, bagi gw yang masih agak mengganggu di sini adalah Inaho sebagai karakter utama yang justru terlihat terlalu datar dan nyaris tanpa emosi, bahkan dalam segala keadaan. Semoga seiring berjalannya cerita, perkembangan karakter dan latar belakang Inaho akan memperbaiki kejanggalan ini. Oh iya, satu hal lain yang menurut gw sangat keren dari anime ini adalah subtitlenya, "Let justice be done, though Heavens Fall"..hahaha..

2. Ao Haru Ride - First Impression: 9/10

Ketika SMP, Futaba Yoshioka jatuh cinta dengan teman sekolahnya, Kou Tanaka, namun karena kesalah pahaman, hubungan mereka rusak. Futaba tidak memiliki kesempatan untuk memperbaiki hubungannya dengan Kou karena mendadak Kou pindah sekolah dan menghilang dari hidup Futaba. Ketika di SMA, Futaba kembali bertemu dengan Kou yang sudah berubah total dibanding Kou yang dulu dikenalnya di SMP, dan pertemuannya dengan cinta pertamanya itu pun mengubah hidup Futaba sekali lagi.

Ada beberapa hal yang membuat gw tertarik mencoba anime ini, antara lain; studio di balik Ao Haru Ride adalah Production I.G, sehingga kualitas animasinya tidak perlu diragukan lagi, selain itu seiyuu dari Kou, sang lead male, adalah Yuuki Kaji, yang biasanya membawakan karakter protagonis remaja untuk anime shonen bergenre action, sehingga menarik melihat bagaimana dia akan membawakan karakter protagonis dalam genre romance-comedy seperti Ao Haru Ride. Ekspektasi gw ternyata terbukti setelah mencoba beberapa episode awal dari anime ini, dimana setelah beberapa lama, mungkin Ao Haru Ride inilah yang membuat gw kembali merasa excited dan ikut berdebar-debar ketika menonton serial anime romance-comedy. Lagu pembuka yang manis dari CHiCO with HoneyWorks didukung dengan BGM yang impresif juga semakin memperkuat mood yang dibangun dalam anime ini.

3. Akame ga Kill! - First Impression: 6.5/10

Tatsumi datang ke ibukota dengan tujuan untuk masuk militer pemerintah dan mengumpulkan uang untuk menyelamatkan desanya yang miskin, tapi ketika sampai di ibukota, dia menemukan bahwa pemerintahan dikuasai oleh para pejabat korup yang menggunakan kewenangannya untuk kepentingan dirinya sendiri, dan ibukota dipenuhi oleh para bangsawan yang kejam. Saat itulah dia bertemu dengan Akame yang tergabung dalam kelompok Night Raid, sebuah kelompok pembunuh bayaran yang bertujuan untuk membasmi para pejabat dan bangsawan korup dari negeri itu, dan memutuskan untuk bergabung dengan mereka.

Cerita ala Robin Hood yang membasmi para pejabat dan bangsawan korup atas permintaan rakyat yang teraniaya, tapi dengan setting dan konsep yang sangat RPG. Akame ga Kill! terasa seolah berusaha menjual unsur action dengan adegan pembunuhan yang berdarah-darah, dengan hiburan yang sebagian besar mengandalkan fanservice dan komedi klise lainnya. Setidaknya animasinya memang cukup solid, dan jatah tayangnya yang mencapai 24 episode mungkin menjanjikan perkembangan cerita yang lebih baik, tapi sejauh 2 episode yang gw tonton, gw belum menemukan hal yang membuat gw tertarik untuk tetap mengikuti anime ini.

4. Tokyo ESP - First Impression: 7.5/10

Ketika dalam perjalanan ke sekolahnya, Rinka Urushiba melihat seekor penguin yang terbang di langit, dan ketika dia berusaha mengejar penguin tersebut, dia melihat sekelompok ikan bersinar yang berenang melayang di udara. Pertemuannya dengan ikan-ikan tersebut memberinya kekuatan super semacam sihir yang disebut dengan ESP, dan para penggunanya disebut Esper. Kekuatan barunya membuatnya bertemu dan berteman dengan para esper lainnya, dan bersama-sama melawan kejahatan yang dilakukan oleh sesama esper.

Kesan pertama gw ketika mencoba episode pertama dari Tokyo ESP adalah cerita yang diangkat anime ini mirip dengan X-Men, hanya saja bila dalam X-Men para mutan sebagian besar memang terlahir dengan kekuatan super tersebut, dalam Tokyo ESP diceritakan bahwa penyebab dari munculnya kekuatan para esper tersebut adalah dari kontak dengan fenomena sekelompok ikan terbang yang bersinar. Rasanya memang agak aneh, tapi di sisi lain sedikit menjanjikan perkembangan cerita dari misteri di balik fenomena tersebut. Mungkin elemen ini agak nggak penting, tapi terlepas dari bagaimana cerita sebenarnya, ketika pertama kali melihat OP sequencenya di episode 2, setelah episode 1 yang begitu full action, gw merasa OP sequencenya agak lemah dan "terlalu ceria", membuat gw jadi berpikir, "ini jangan-jangan anime bergenre romance-comedy/slice of life??"..hahaha..

5. Zankyou no Terror - First Impression: 8.5/10

Arata Kokonoe alias Nine, dan temannya, Toji Hisami alias Twelve, hidup sebagai siswa SMA biasa, tapi sebenarnya mereka adalah pelaku dari aksi-aksi teror terhadap pemerintah Tokyo melalui serangkaian aksi bom yang dilakukan dengan brilian dan rapi, dan ketika teman sekolah mereka, Lisa Mishima, tanpa sengaja bertemu dengan Twelve saat dia sedang menjalankan aksinya, mau tak mau Lisa pun terlibat dengan masalah mereka.

Dari 2 episode yang gw coba, Zankyou no Terror menjanjikan plot dan tema yang cukup unik dan menarik. Di tengah-tengah maraknya cerita shonen yang mengutamakan unsur action, Zankyou no Terror berhasil memberikan daya tarik unsur misteri dengan cerita berbobot yang kompleks dan cenderung gelap melalui trik-trik yang digunakan Nine dan Twelve dalam menjalankan aksi terornya, serta menjanjikan perkembangan dan kombinasi karakter yang menarik melalui misteri dan latar belakang Nine dan Twelve, serta bagaimana kehadiran Lisa akan mempengaruhi mereka.

6. Tokyo Ghoul - First Impression: 9.5/10

Di tengah kegelapan malam kota Tokyo, para Ghoul berkeliaran mengincar dan memangsa manusia tidak beruntung yang terjebak oleh mereka. Salah satu dari manusia yang tidak beruntung itu adalah Ken Kaneki, seorang pelajar yang terjebak oleh seorang Ghoul bernama Rize Kamishiro. Ketika nyaris dimangsa oleh Rize, terjadi kecelakaan yang berujung pada ditransplantasikannya organ dalam Rize ke tubuh Ken. Kejadian tersebut menjadikan Ken setengah Ghoul, sekaligus setengah manusia, dan membuatnya terjebak dalam dunia para Ghoul.

Tokyo Ghoul jelas merupakan salah satu anime primadona buat gw dalam Summer Season ini. Dengan cerita yang seperti pengembangan dari tema zombie klasik, episode pertama langsung menampilkan adegan-adegan yang sadis, mengerikan, dan menegangkan, tapi impresif dengan caranya sendiri. Tokyo Ghoul menjanjikan perkembangan cerita yang sangat menarik, tapi juga full of gore, sehingga sangat tidak cocok bagi mereka yang benci tema kanibalisme atau semacamnya, tapi bila kalian menyukai (dan kuat menyaksikan) anime seperti Attack on Titan, you're definitely gonna love this one! =D. Hal lain yang gw rasa patut mendapat nilai lebih dari anime ini adalah lagu temanya yang unik, yang sekaligus menjadikannya sangat powerful.

And that conclude all opinions from me, what's your opinion about this Summer Season's anime? ^^

4 komentar:

  1. Congrats for the Bachelor Degree, selamat menempuh hidup baru (lho?) :D

    Anyway, cukup puas dengan summer season kali ini karena benar2 di luar ekspetasi (soalnya summer & winter punya reputasi buruk sebagai 'weak season').
    Setuju dengan top pick (nilai 8.5+) anime-nya (kecuali Aoharide :p ). Kalau untuk porsi komedi season ini, Barakamon dan Gekkan Shoujo Nozaki-kun lucu juga tuh (tapi tidak disarankan nonton Aoharide setelah Gekkan Shoujo haha).
    Semoga kualitas summer kali ini bisa tetap solid dari awal sampai akhir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih! hahaha..^^

      yupp..season ini cukup memuaskan kynya..Barakamon y..rasanya cukup byk yg rekomen anime ini..ntar kalo ada waktu dicoba de..haha..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus